Minggu, 30 Desember 2012

KE SUKABUMI SAYA KEMBALI

KE SUKABUMI SAYA KEMBALI
( Bagian Ke-2 Dari Dua Tulisan)

Saya merasa untuk Jawa Barat kiprah penggiat Minat Baca masyarakat, Sukabumilah pionirnya. Kemitraan pihak-pihak yang memiliki tanggungjawab untuk menggelorakan minat baca terjalin dengan baik dimata saya. Hal ini dibuktikan dengan kegiatan Peringatan Hari Baca dan Hari Kunjungan Perpustakaan yang diprakarsai Kantor Perpustakaan Daerah (Kanpusda) Kabupaten Sukabumi ( 8,9,10 Desember 2012). Kegiatan tersebut digelar dengan melibatkan berbagai kalangan yang memiliki kepedulian terhadap program penggeloraan minat baca. Realisasi pelibatan seluruh elemen meliputi :
1. Pendidikan Formal : diadakan lomba mendongeng berbahasa Sunda (SD/MI) dan Festival Band (SMA) dengan lagu utama bertemakan “Perpustakaan”, Dengan
2. Pendidikan Nonformal Lomba Mewarnai (PAUD) dan Lomba Membuat Kliping Taman Bacaan Masyarakat (TBM).
3. Dengan Komunitas/ organisasi kemasyarakatan lain yaitu dengan melibatkan Komunitas Reftil dan Darma Wanita.
4. Dunia usaha yang melibatkan para penerbit buku dan perlengkapan belajar.
5. Dunia kampus.
Peran Dinas Pendidikan Kab. Sukabumi dalam Membesarkan Taman Bacaan Masyarakat (TBM).
Melalui Kepala Seksi Dikmas Dinas Pendidikan Sukabumi ( Dra Hj. Een Sumirat Abdulloh) Forum TBM di Sukabumi banyak sekali memperoleh bimbingan dan bantuan. Kepala Divisi Kemitraan dan Kerjasama Forum TBM Jawabarat Ade Saprudin mengatakan bahwa TBM-TBM Kab. Sukabumi untuk tahun 2012 ini memperoleh beberapa kali pelatihan serta hampir seluruhnya memperoleh dana dari APBD-2. Dinas pendidikan Kabupaten Sukabumi satu-satunya yang memberikan data TBM yang ada di wilayahnya dengan cepat dan akurat.

Kemitraan Kantor Perpustakaan Daerah (Kanpusda) Dengan Forum Taman Bacaan Masyarakat (TBM).
Melalui Kepala Divisi Kemitraan dan Kerjasama Forum TBM Jawabarat Ade Saprudin, kemitraan antara Kanpusda dengan Forum TBM (Pengurus Daerah Sukabumi) sudah terjalin dengan diadakannya berbagai event bersama meliputi : peminjaman Drop Book berisi 100 buku dari Kanpusda untuk TBM Nurul Iman (Kampung Selaawi, Desa Pasawahan, Kec. Cicurug). Dan Pelatihan Keterampilan Berbasis Buku dengan TBM Cempaka ( Desa Nanggerang- kec. Cicurug). Secara informal juga seringkali terjalin diskusi antara kanpusda dan Forum TBM Sukabumi tentang kegiatan apa saja yang sedang tren yang digandrungi masyarakat agar dapat disisipi sosialisasi gerakan cinta baca. Misalnya saja untuk kegiatan Pameran pada Hari Baca dan Kunjungan Perpustakaan Forum TBM Memberikan coaching clinic mendongeng dari pendongeng yang sengaja datang dari Bandung Ayah Salwa ( Bmabang Purwanto) yang kebetulan juga Kepala Divisi Program Forum TBM Jabar, serta memberikan alternatif bacaan yang ringan dan menyenangkan versi TBM Melati Kota Bandung.

What Next Program (Program Lanjutan).
Ade Saprudin mengatakan ada banyak agenda yang sudah dicanangkan dengan berbagai pihak tidak hanya dengan Disdik dan kanpusda tetapi juga dengan beberapa perusahaan minuman kemasan, gerakan pramuka dan pengelola kegiatan olahraga (futsal) untuk rutin menggelar buku TBM pada hari-hari tertentu. Walaupun sementara ini baru diwakili oleh TBM Nurul Iman dan TBM Cempaka kita berharap dampaknya akan menjadi motor penggerak TBM-TBMlainnya di Sukabumi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar